03 November 2013

Tutorial Membuat Guitar Controller Ps2


Bagi kamu pecinta Guitar Hero Ps2 kali ini saya akan berbagi Cara Membuat Stick Gitar untuk Guitar Hero Ps2. Dari pada kamu membeli Stick Guitar Hero yg harganya selangit (Rp. 400.000 di Medan) lebih baik kamu coba ber-Experiment membuatnya sendiri. Saya menggunakan Stick ps1 yang pakai analog untuk membuat stick gitar ini. Berikut gambar Stick Gitar hasil buatan saya.



Baiklah kita mulai saja.

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk proyek ini adalah :
- Stick Ps1 pakai Analog. (Rp.25.000)
- Solder & Timah Solder
- Cukup banyak Kabel
- dan Lem.


Baiklah kita mulai saja...

PAPAN CB UTAMA




Keterangan :
  1. Solder seperti gambar di atas,, maka tombol kiri akan tertekan secara otomatis dan ps 2 akan membaca bahwa itu adalah guitar controller,,
  2. Strum up (petik atas)
  3. Strum down (petik bawah)
  4. Penghubung untuk strum atas dan bawah agar bekerja
  5. Whammy bar (menghasilkan effect wah wah pada fret yg panjang)
  6. Tombol select
  7. Tombol start
  8. Penghubung tombol select dan start agar bekerja
  9. Tombol hijau (sesuai warna kabel)
  10. Tombol merah (sesuai warna kabel)
  11. Tombol kuning (sesuai warna kabel)
  12. Tombol biru (sesuai warna kabel)
  13. Tombol orange (sesuai warna kabel)
  14. Penghubung semua tombol Fret

TAHAP 1 :
MEMBUAT STRUM BAR

Pada papan CB utama Solder kabel strum up (no.2 kabel warna merah) dan strum down (no.3 kabel warna biru) dan juga solder penghubung strum up and down (no.4 kabel warna kuning) seperti gambar di atas tadi.
jJika sudah selesai sediakan papan CB sperti gambar di bawah



Keterangan :
  1. Hubungkan ketiga kabel (no2 no3 dan no4) yang sudah di solder ke papan CB utama tadi ke papan CB strum bar seperti gambar di atas, lalu solder sesuai nomor pasangan nya, jgn sampai tertukar dan hati-hati untuk menyoldernya jangan sampai ketiga kabel seperti gambar di atas saling berhubungan(lengket)







NB : Tutorial ini belum selesai



23 komentar:

  1. maaf bagi para pembaca, artikel di atas belum selesai. karna ada sebuah kendala. nanti kalau saya ada waktu saya lanjutkan kembali,

    BalasHapus
  2. ...M̶̲̥̅̊ƌ̲̣̣̣̥α̩̩̩̩̥ά̲̣̥n̶̲̥̅̊п̥̥̲̣̥п̥̥̲̣̣̣̥и̲̮̣̥̅̊†̥̥τ̣̣̥aaB̲̣̣̣̥в̍̍̍̍̊β̣̣̥ß̍̍̊... Bro

    BalasHapus
  3. Bang rizal.
    Saya mau tanya nih. Kalo stik gitar hero 2 yg masih pakai kabel. Apakah masih menggunakan batere atau tidak ya? Karna saya beli gitarnya. Ada tempat buat batere A2 2 buah tapi didalemnya tidak ada besi untuk koneksi listrik buat baterenya. Apakah ini salah produksi? Soalnya sayA colokkagak bisa pakai gitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan kalo soal itu ane gk tau,, karna ane gk pernah pake Guitar Controller Asli..

      Hapus
  4. Win a PSP4 http://bit.ly/1fG1ypy

    BalasHapus
  5. gan pke stik sony ps2 yg item bsa gx ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih gan,, tapi cuma bisa buat main GH1 Sma GH3 aja... gk bisa buat main GH2

      Hapus
  6. mohon kalo ad waktu lanjutin lg gan tutor nya, biar orang berbudget minim ky ane bsa mainin pke stick guitar juga :D

    BalasHapus
  7. idenya menarik dan kreatif gan. Saluut

    BalasHapus
  8. gan kalo pake stik sony ps1 bisa gk gan main GH?

    BalasHapus
  9. bisa pesan dibuatin? (081803638577)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh blom ada waktu gan,, ntar klo ada ane usahain ya? :D

      Hapus
  10. Balasan
    1. Gk sempat gan. Ane sibuk terus

      Hapus
    2. papan cb buat strum bar kalo beli bilang gimana ya gan?
      kalo pake stik ps2 bisa gak gan?
      makasih

      Hapus
    3. Kurang tau ane gan kalo beli.
      Ane buatnya pake papan cb stick ps1 yg uda rusak.
      Pake papan cb ps2 mungkin bisa gan.

      Hapus

Komentar anda menunggu persetujuan untuk ditampilkan.